5 Cara Anda Dapat Meningkatkan Iklan Facebook Anda

Apakah hasil iklan Facebook Anda menghasilkan rasio klik-tayang (RKT) dan biaya per klik (BPK) yang tinggi?

Sebenarnya, tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua dalam hal iklan Facebook . Jika Anda kesulitan menemukan materi iklan yang tepat untuk kampanye iklan Facebook Anda, artikel ini akan membantu meredakan kekhawatiran Anda.

Baik Anda ingin menghasilkan lebih banyak konversi atau meningkatkan metrik iklan Facebook Anda , berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan iklan Facebook Anda.

    Tampilkan produk Anda menggunakan iklan carousel

    Jika Anda ingin produk Anda menceritakan kisahnya sendiri, iklan carousel bisa menjadi cara terbaik untuk melakukannya. Jenis materi iklan ini menampilkan 2 hingga 10 gambar atau video tempat pengguna menggesek beberapa produk yang menampilkan judul unik, ajakan bertindak, dan tautan ke laman landas tertentu untuk setiap produk Anda. Materi iklan ini tersedia untuk sebagian besar bentuk tujuan iklan – satu-satunya batasannya adalah tidak tersedia untuk tujuan keterlibatan dan tujuan penayangan video terbatas pada penempatan cerita Instagram.

    Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat iklan carousel yang sempurna, berikut adalah panduan langkah demi langkah dari Facebook tentang cara membuat iklan carousel – dan halaman mereka sendiri yang menampilkan contoh kreatif iklan carousel.

    Iklan khusus penempatan

    Jika Anda tidak membuat perubahan khusus pada iklan Facebook, Facebook akan secara otomatis menampilkan iklan Anda di platform berikut: Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger. Ketika Anda melakukan ini, kemungkinan besar, Anda tidak memaksimalkan visibilitas iklan Anda untuk menjangkau audiens yang hangat.

    Berikut adalah berbagai cara untuk menyesuaikan penempatan iklan Anda:

    • cerita

    Bila digunakan dengan benar, penempatan iklan ini bisa sangat bermanfaat bagi bisnis Anda – terutama sekarang karena rentang perhatian rata -rata telah turun menjadi 8 detik. Iklan khusus cerita adalah video pendek dalam tampilan layar penuh yang akan langsung menyampaikan pesan Anda. Dalam iklan cerita Facebook, tujuan iklan terbatas pada penayangan video, perolehan prospek, jangkauan, konversi, pemasangan aplikasi, kesadaran merek, dan lalu lintas.

    • Kurir

    Iklan khusus Messenger adalah iklan khusus penempatan lainnya yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi ke target pasar Anda. Ini dibagi menjadi tiga: Pesan sponsor, kotak masuk Messenger, atau iklan klik untuk Messenger.

    Pesan bersponsor adalah iklan yang mengirimkan pesan ke orang-orang yang pernah Anda ajak bicara di Messenger sebelumnya.

    Iklan kotak masuk Messenger adalah iklan yang ditemukan di antara pesan Anda di Messenger. Setelah audiens Anda mengklik iklan ini, itu akan membuka tampilan terperinci dari iklan Anda yang akan mengarahkan mereka lebih dekat ke halaman arahan yang Anda pilih.

    Iklan klik untuk Messenger adalah iklan yang muncul di semua penempatan pilihan Anda yang menambahkan tombol kirim pesan sebagai ajakan bertindak yang diinginkan. Setelah audiens Anda mengklik iklan ini, itu akan membuka percakapan baru yang dimulai dengan salam otomatis dan daftar pertanyaan umum yang Anda buat.

    • Uji setiap platform satu per satu

    Tahukah Anda bahwa lebih dari 4,48 miliar orang memiliki lebih dari satu akun media sosial?

    Tidak semua orang mungkin seaktif di Facebook seperti di Instagram dan sebaliknya. Menemukan platform yang tepat di mana audiens Anda paling aktif membutuhkan waktu untuk mengujinya; itu bisa eksklusif di Instagram, Facebook, umpan berita, cerita, Messenger, hasil pencarian, atau video in-stream - tetapi begitu Anda mengetahui penempatan yang tepat, Anda akan memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan visibilitas dengan target pasar Anda dan memaksimalkan anggaran iklan.

    Stok foto

    Ada masalah besar ketika menggunakan foto stok profesional untuk iklan Facebook Anda – audiens Anda mungkin pernah melihatnya sebelumnya. Jika Anda ingin menarik perhatian audiens Anda melalui foto, inilah yang direkomendasikan Facebook :

    • Tampilkan wajah orang yang menggunakan produk Anda
    • Jangan memadati gambar Anda dengan blok teks yang jelek
    • Gunakan gambar beresolusi tinggi
    • Uji skema warna yang berbeda
    • Pertahankan konsistensi visual

    Adakan giveaway

    Siapa yang tidak suka yang gratisan? Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek, jangkauan, dan keterlibatan adalah melalui giveaway. Jenis iklan ini dapat berguna untuk mempromosikan produk baru, membuang stok lama, dan mengumpulkan detail kontak.

    Menawarkan hadiah juga menunjukkan bahwa Anda memiliki keyakinan pada produk yang Anda tawarkan saat Anda membiarkan orang mencoba produk Anda dengan imbalan berbagi, komentar, atau alamat email.

    Namun, saat menyelenggarakan giveaway, pastikan untuk menguraikan dengan jelas aturan giveaway Anda agar tidak menyesatkan audiens Anda dan untuk mematuhi kebijakan Facebook .

    Berkolaborasi dengan influencer

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, menunjukkan wajah orang yang menggunakan produk Anda dapat memberi Anda peluang yang lebih baik untuk meningkatkan jangkauan, kesadaran merek, dan keterlibatan Anda. Satu-satunya perbedaan adalah, kali ini, Anda menggunakan wajah yang familier untuk membantu memengaruhi keputusan audiens target Anda; plus, Anda bisa menjangkau audiens baru yang terdiri dari pengikut influencer Anda.

    Memiliki influencer yang mempromosikan produk Anda juga akan membangun kepercayaan dan kredibilitas untuk merek Anda. Pastikan influencer yang Anda pilih relevan dengan niche Anda.

    Jangan lupa datanya

    Saat Anda bereksperimen menggunakan beberapa cara berbeda untuk meningkatkan materi iklan Facebook Anda yang disebutkan di atas, pastikan Anda memantau data yang relevan.

    Selain data RKT, BPK, dan laba atas belanja iklan (ROAS), Anda juga ingin menambahkan metrik berikut yang sering diabaikan saat memantau keberhasilan iklan Facebook Anda. Untuk melakukannya, buka pengelola iklan Facebook, klik kolom 'Kolom: Performa' di sisi kanan atas. Selanjutnya, klik 'sesuaikan kolom' untuk mengubah dasbor saat ini dan cari yang berikut:

    • Frekuensi

    Ini nomornya

    berapa kali iklan Anda ditampilkan kepada orang yang sama. Facebook menyarankan untuk menjaga frekuensi iklan Anda antara 1 hingga 2 , tergantung pada anggaran dan durasi Anda. Saat performa iklan Anda mulai menurun seiring dengan meningkatnya frekuensi, ini seharusnya menjadi indikator yang baik untuk mengubah materi iklan atau audiens target Anda.

    • Tindakan yang diinginkan

    Ingat apa tujuan Anda untuk setiap kampanye iklan Facebook. Sudahkah Anda mencapai jumlah suka, tampilan halaman arahan, tampilan video, pemasangan aplikasi, dll yang awalnya Anda tuju?

    • Tayangan

    Ini adalah frekuensi iklan Anda ditampilkan di layar. Mengetahui jumlah tayangan yang dapat dihasilkan iklan Anda secara tidak langsung dapat meningkatkan kesadaran merek meskipun itu bukan tindakan yang Anda inginkan.

    Kesimpulan

    Jika iklan Facebook Anda belum sesuai dengan yang Anda harapkan, tenang saja. Ada berbagai teknik media sosial untuk meningkatkan iklan Facebook Anda.

    Jika Anda ingin iklan Anda memberikan hasil yang luar biasa, inilah yang perlu Anda ingat:

    • Jadilah kreatif dengan iklan Anda.
    • Uji materi iklan dan penempatan yang berbeda.
    • Andalkan data (RKT, BPK, ROAS, frekuensi, dan tayangan) untuk membantu mengukur keberhasilan iklan Facebook Anda dan memandu Anda dalam merencanakan kampanye pemasaran di masa mendatang.

    Apakah Anda memiliki ide iklan Facebook kreatif lain yang berkinerja baik di masa lalu yang tidak ada dalam daftar ini? Kami akan senang mendengar mereka.

    Bagikan pemikiran Anda dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah. 

    Adi Yunus

    Post a Comment

    Previous Post Next Post